pramuka ambalan sma negeri satu merauke

pramuka ambalan sma negeri satu merauke

Rabu, 29 September 2010

BENTUK BARISAN UPACARA BESERTA ARTINYA

 Hay all, i'm come back for you

 kali ini saya akan membagi ilmu saya mengenai bentuk barisan dan artinya, terkadang kita tidak menyadari mengapa kita harus berbaris seperti ini, namun semua itu bukan asal saja tetapi memiliki arti dan makna yang memdalam. jadi kita sebagai anggota jangan menganggap semua itu biasa aja akan tetapi mari kita bersama mempelajari serta menerapkannya dalam kehidupan kita
 
1. lingkarang besar di pakai oleh pramuka siaga
    mungkin bagi kita yang tidak sempat menikmati masa di mana kita menjadi siaga mungkin bentuk ini asing di mata kita, akan tetapi buat anggota pramuka yang berusia antara 7 sampai  10 tahun. mereka pasti akan mengenal betul bentuk dari gambar di samping.
 ya, itu merupakan gambar dari bentuk barisan yang di pakai oleh siaga jika mereka ingin mengadakan apel ataupun upacara dalam gerakan pramuka.


 di sini yanda atau bunda berada di tengah berserta sulung. sedangkan yang lain membentuk lingkarang mengitari yanda atau bunda, sulung serta tiang bendera.bentuk ini melambangkan bahwa anggota pramuka siaga masih melihat dedalam, berpusat ke keluarga. masih belum mengenal nilai-nilai kemasyarakatan.



2. Angkare di pakai oleh penggalang
bagi sebagian besar anggota pasti pernah menjadi pramuka penggalang, namun adapun yang tidak menjadi pramuka penggalang, terkadang kita sering bertanya-tanya mengapa bentuk barisan penggalang seperti ini?mengapa begitu?
hal ini karna pramuka penggalang yang sudah berusia 11 samapai 15 tahun sudah mulai mengenal nilai-nilai ke masyarakatan serta udah mulai melihat keluar yaitu melihat kemasyarakat akan tetapi masih belum terjun ke masyarakat hanya mempersiapkan diri sesuai dengan tri satya penggalang yang kedua yaitu" mempersiapakan diri membangun masyarakat".

3. berbanjar di palai oleh pramuka penegak, pandega dan pembina
penegak adalah anggota pramuka yang berusai dari 16 sampai 20 tahun, memiliki warna dasar kuning yang berarti mulai matang . di sini para pramuka penegak, pandega dan pembina mengunakan bentuk barisan sepaerti yang ada di samping ini yang memiliki arti bahwa pramuka penegak, pandega serta pembina udah mengenal nilai - nilai kemasyarakatan dan udah terbuka wawasan pikir serta mengabdi ke pada masyarakat atu dengan kata lain pramuka penegak udah terjun langsung ke masyarakat.sesuai dengan trisatya pramuka penegak yaitu " ikut serta membangun masyarakat"

okey dah, mungkin sekian dulu materi ini, di lain kesempatan saya akan membawakan serta membagi materi yang lain.


by. "iwan ads"

2 komentar: